Langsung ke konten utama

Politik Baliho Kekuasaan : Simbol demokrasi yang tidak bersih dan tidak demokratis..

Tidak lama lagi atau bulan September 2013 mendatang, Makassar akan memilih walikota dan wakil walikota yang baru. Suasana pertarungan politik sudah mulai terasa di mana-mana. Para calon walikota jauh hari telah memulai strategi politiknya dengan melakukan sosialisasi di tengah masyarakat untuk mendapatkan kemenangan pada pemilihan nantinya. Salah satu strategi  yang paling banyak di gunakan untuk bersosialisasi di publik adalah menggunakan baliho sebagai strategi komunikasi politik dengan menggunakan gambar untuk mempengaruhi massa agar ikut dengan apa yang di sampaikan dalam pesan baliho itu. sebagai. Pemandangan baliho calon walikota dan wakil calon walikota bisa dengan mudahnya kita jumpai di sepanjang jalan dapat terlihat Baliho para calon, di papan reklame yang paling besar, di tiang listrik hingga di pohon-pohon. 
Apakah ada manfaat yang di rasakan masyarakat dari pemasangan baliho yang dilakukan oleh para calon walikota? Jujur saja, apa yang ada di pikiran kita, jika kita melihat ada sebuah baliho menutupi keindahan kota? Mata kita akan terasa aneh. Tidak ada keindahan sama sekali dari baliho tersebut dibandingkan dengan keindahan taman kota yang asri dan sejuk. Namun kenapa masih banyak orang memasang baliho yang begitu besar, sehingga menutupi keindahan kota. Kenapa kita harus berpromosi di tempat yang sebenarnya sudah indah dengan tatanan taman, pepohonan yang rindang maupun tembok-tembok yang telah rapi? Kenapa harus kita rusak? Padahal sebenarnya, biaya yang dikeluarkan untuk membuat sebuah baliho dan membayar pajak restribusi itu tidak murah, sangat mahal. Namun kenapa banyak orang masih memakai cara itu? Apakah cara itu masih efektif? 
Inikah yang dinamakan dengan kesadaran demokrasi? Atau apakah para calon walikota sudah paham dengan praktek demokrasi yang sehat? Sebagaimana dikatakan oleh Larry Diamond (1990), demokrasi memang mengandung paradoks-paradoks. Di antara paradoks-paradoks dalam demokrasi adalah adanya kebutuhan untuk lebih mengutamakan kepentingan banyak orang di satu sisi dan kepentingan efisiensi di sisi yang lain. Alasan kepekaan dengan situasi dan kondisi masyarakat adalah tradisi musiman mendekati pemilihan umum. Berbicara tentang kepekaan, apakah para calon walikota peka dengan hal yang paling sederhana? Tentang kebersihan lingkungan kota? Pemasangan baliho calon walikota yang sudah sangat jelas merusak keindahan kota adalah salah bukti kongkret yang sederhana dari sekian banyak problematika  demokrasi pelaksanaan pemilu, bahwa proses demokrasi di negeri ini hanyalah bersifat prosedural dan tak menyentuh sendi-sendi pokok masyarakat secara subtansial sehingga mengancam proses pembangunan demokrasi di Indonesia yang seharusnya mengedepankan prinsip hak asasi dengan melindungi hak-hak minoritas.
Menjamurnya baliho calon walikota di Kota Makassar adalah merupakan bentuk ketidakpercayaan diri para calon yang mengaku sebagai pemimpin. Baliho tidak ubahnya politik menutup kondisi apa adanya, sikap buruk menjadi baik sehingga semuanya adalah gambar bisu dan bahasa yang tidak merealitas. Biarkan masyarakat menilai secara objektif dari perilaku dan kinerja  calon kesehariannya, apakah memang layak atau tidaknya untuk dipilih. Para calon yang terlibat dalam pesta demokrasi sudah seharusnya bertindak demokratis dimulai dari tindakan yang paling sederhana salah satunya dengan tidak mengotori keindahan kota yang akan dipimpinnya ketika sudah terpilih nanti. Masyarakat tentunya menginginkan pemimpin figur yang bersih dari segala aspek, jadi jangan menjanjikan pemerintahan yang bersih kepada masyarakat kalau belum menjadi pemimpin saja sudah melakukan tindakan mengotori dan merusak lingkungan kota. Demokrasi itu indah, demokrasi itu damai dan demokrasi itu harus demokratis.

Verdhy

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teripang, Tarekat, dan Tionghoa (Sebuah Catatan Perjalanan Riset di Pulau Barrang Lompo)

Bulan ini cukup padat, beberapa deadline pekerjaan harus segera diselesaikan. Rencananya agenda ke Pulau Barrang Lompo pada akhir bulan April tetapi tertunda. Akhirnya baru bisa berangkat pada Selasa, 07 Mei 2024 setelah mengutak-atik ulang agenda kerja dan bernegosiasi ulang dengan beberapa "juragan". Sejarah umat manusia tidak bisa lepas dari aktivitas negosiasi termasuk segala keputusan politik yang memulai perang dan mengakhiri perang. Sepertinya ini sudah mulai agak melebar pembahasannya. Okelah , saya memulai bernegosiasi dengan beberapa teman untuk mengajaknya ke Pulau Barrang Lompo. Semua teman yang saya ajak ternyata tidak bisa ikut dengan berbagai alasan. Mungkin tawaran saya dalam bernegosiasi kurang menarik bagi mereka. Seharusnya saya menawari mereka bagaimana lezatnya mencicipi Sup Teripang di Pulau Barrang Lompo. Sup teripang itu memang ada di Pulau Barrang Lompo, bukan hanya makanan khas dari negeri Tiongkok. Menurut Uci (26), untuk teripang yang suda

Ketika Jugun Ianfu Merdeka dari Reklamasi: Sepenggal Cerita Island Fest Pulau Lae-lae 2023

Om Bob memeluk saya penuh haru bahagia ketika penampilan teater boneka yang digawangi oleh Nur Ikayani selesai dan mendapatkan riuh tepuk tangan dari penonton. Baik Om Bob atau biasa juga disapa Anton Samalona dan Nur Ikayani, panggilannya Kika adalah dua sosok seniman yang memiliki ikatan emosional begitu kuat dengan Pulau Lae-lae. Om Bob lahir dan tumbuh besar di Pulau Lae-lae, sedangkan Kika pernah tinggal menetap beberapa tahun di pulau tersebut. Dua sosok ini jugalah yang berperan penting dibalik layar suksesnya penyelenggaraan Island Fest 2023 selama tiga hari di Pulau Lae-lae. Festival ini diinisiasi oleh masyarakat Pulau Lae-lae dalam menyambut hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-78. "Mahal ini ide cerita teaternya Om Bob, diluar dari yang kubayangkan sama sekali," kata saya.  "Itu karena kita semua ikhlas dan mau bersatu sukseskan ini acara saudara," timpal Om Bob yang dengan spontan menyalami tangan saya dengan begitu erat. Setelah itu

The Kablams (Awal Mula)

Cerita 01 Cerita ini 80 persennya diangkat dari kisah nyata sekelompok anak muda yang memiliki misi visi menolak tua. 20 persennya adalah fiksi, itu tergantung dari saya mau menambahkan atau mengurangi isi ceritanya, toh sebagai penulis saya punya hak prerogatif. Hahaha (ketawa jahad). *** Kami berlima akhirnya bersepakat atau mungkin cenderung dipaksakan untuk membuat genk. Bisa jadi ini merupakan sebuah faksi dalam komunitas kami sendiri. Tujuannya bukan untuk melakukan kudeta terselubung atau kudeta merangkak yang dipopulerkan oleh sejarawan Asvi Warman Adam dalam melihat peristiwa Gerakan 30 September 1965. Untuk apa juga kami melakukan kudeta, sementara komunitas ini tidak memiliki ketua atau makhluk sejenisnya, Jangan tanyakan soal berapa besar dana hibah yang dikelola komunitas ini. Saya sedikit punya pengalaman lebih dalam mendirikan genk dibandingkan anggota genk yang lain. Sedikit cerita tentang pengalaman ini. Pertama kali saya mendirikan genk bersama